Sambutan Dirut

Foto Yusdeka Putra (Dirut)_2018_2Assalamualaikum Wr. Wb. Salam Sejahtera.

Sejak tahun 2014 PT Meratus Jaya Iron & Steel (PT MJIS) mengalami situasi yang sulit sehingga di tahun 2015 PT MJIS menghentikan kegiatan operasi. Keputusan tersebut harus diambil karena PT Krakatau Steel (PT KS) sebagai offtaker produk PT MJIS menghentikan kegiatan pabrik iron making sehingga produk PT MJIS tidak terserap. Kondisi ini merupakan dampak dari tingginya harga jual bahan baku bijih besi sehingga harga jual produk iron making PT KS tidak dapat bersaing di tengah kondisi pasar yang sedang mengalami penurunan.

Pada tahun 2016 sebagai langkah cepat pemanfaatan fasilitas rotary kiln, PT MJIS melakukan uji coba memproduksi Green Petroleum Coke menjadi Calcined Petroleum Coke (CPC) dan menghasilkan produk CPC dengan rata-rata fix carbon 98%. Namun, CPC dapat menjadi alternatif bisnis PT MJIS.

Upaya lain yang dilakukan agar PT MJIS dapat bertahan dan tumbuh di tengah kesulitan-kesulitan yang ada antara lain kajian pemanfaatan fly ash (limbah proses operasi sponge iron), melakukan kajian pemanfaatan rotary kiln dengan memproduksi nickel untuk memanfaatkan UU Relaksasi.

Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan karyawan PT MJIS, sebagian karyawan masuk dalam program On The Job Training (OJT) di fasilitas Blast Furnace, Coke Oven Plant, dan fasilitas existing lainnya yang dimiliki oleh PT KS.

Di tahun 2018 ini, PT KS optimis untuk menghidupkan kembali PT MJIS dengan menjadi offtaker produk PT MJIS 100%. Usaha yang harus dilakukan untuk menyelaraskan komitmen tersebut membutuhkan sumber bahan baku lokal yang mampu bersaing dan perbaikan peralatan pabrik agar dapat beroperasi sesuai dengan yang diharapkan.

Pesan untuk semua jajaran PT MJIS;
Dengan upaya-upaya yang telah kita jalankan dan akan kita lakukan, disertai dengan dukungan pemikiran maupun tindakan dari seluruh pemangku kepentingan, maka untuk mewujudkan MJIS yang lebih baik, yang tumbuh dan berkembang, bukanlah hal yang tidak mungkin. Marilah kita masuki tahun 2018 dengan optimism walaupun di tengah keterbatasan, dengan kerja keras MJIS akan berhasil, Insya Allah.

Salam,

Yusdeka Putra
Dirut PT Meratus Jaya Iron & Steel (Oktober 2017 – sekarang)